5 Tips untuk Troubleshoot Windows 8 Anda




Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi masalah pada windows 8 anda :

1.  Masalah PadaVirtualBox

Cara paling aman untuk mencoba Windows 8 adalah dengan menginstalnya pada mesin virtual yaitu VirtualBox. Terbilang cukup mudah untuk membuatnya, tidak perlu bingung tentang masalah partisi ataupun problem lain, dan jika tidak bekerja dengan alasan apapun maka Anda tidak akan kehilangan apa-apa kecuali hanya sedikit waktu .

Setelah Anda menyelesaikan instalasi, Anda mungkin akan menemukan error pada  virtual Windows 8 yang mengatakan bahwa " Your PC needs to be repaired”  dan akan memberitahu Anda untuk " Press Enter to try again", atau " Press F8 for alternate boot options ", tapi kedua pilihan itu tidak akan berguna.

Untungnya ada jawaban yang mudah. Tutup jendela Windows 8, pilih mesin virtual di VirtualBox, klik Settings> System> Processor dan berilah tanda centang pada kotak 'Enable PAE / NX'. Klik OK, restart mesin virtual Anda dan kali ini windows akan bekerja tanpa ada error.

2. Aplikasi pada Windows 8 tidak Bekerja

Ketika Anda klik aplikasi Windows 8 tetapi tidak ada apapun yang terjadi? Masalah tampilan sering menjadi penyebabnya. Secara khusus, Aplikasi pada Windows 8 saat ini tidak mendukung resolusi layar yang lebih rendah dari 1024 x 768 (atau 1366 x 768 untuk snapping), jika memungkinkan tingkatkan resolusi tampilan Anda dengan cara menampilkan desktop, klik kanan, pilih Screen Resolution untuk pilihan resolusi tampilan.
Jika saja hal ini tidak berhasil membantu, cobalah untuk meng update driver video Anda.

3. Masalah Kinerja
Jika sistem Windows 8 Anda tampak lesu, dengan sedikit mengubah pada Task Manager mungkin dapat menawarkan beberapa petunjuk. Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk melihat.

Klik 'More Details'. Pada bagiab tab Processes dapat mengungkapkan apa yang saat ini menggunakan sumber daya CPU, RAM, hard drive dan bandwidth jaringan. (Data yang lebih detail yang tersedia dalam versi Task Manajer sebelumnya kini dapat diakses melalui tab Rincian.)

Tab Performance memberi Anda tampilan grafis penggunaan sumber daya selama beberapa detik terakhir, sementara tab App History digunakan untuk melihat kembali beberapa hari sebelumnya untuk mengungkapkan aplikasi apa saja yang paling menghabiskan sumber daya.

Apakah waktu boot computer Anda lambat? Klik tab Startup untuk melihat program apa saja  yang dijalankan ketika windows booting.  Anda akan melihat dampak dari program pada saat startup yang menunjukkan berapa banyak efek masing-masing yang mempengaruhi waktu booting Anda, jika Anda melihat ada program yang memiliki dampak tinggi dan Anda yakin Anda tidak perlu, pada program tersebut pilih lalu klik kanan dan memilih 'Nonaktifkan' akan memastikan program tersebut tidak akan di load pada booting selanjunya.

Program ini sangat Powerfull ,  akan tetatpi jika Anda dapat memikirkan untuk menggunakan Task Manager tua maka hal tersebut masih dapat diakses. Tahan tombol Windows, tekan R, ketik TaskMgr dan tekan Enter untuk meluncurkannya. (Mengetik TM akan meluncurkan versi baru.)


4. Aplikasi Device Manager
Jika Anda memiliki masalah driver atau masalah hardware yang ada kaitannya dengan Windows 8, Jalankan aplikasi  Device Manager, pilih ke perangkat yang bermasalah lalu klik kanan, pilih Properties selanjutnya klik tab Events baru. Jika driver Windows telah diinstal, Anda akan melihat layanan terkait atau tindakan lain yang  penting dilakukan pada perangkat, Anda akan melihatnya di sini, dan hal ini sangat berguna ketika troubleshooting.

5. Opsi Recovery
Performa Windows 8 sangat baik, tetapi jika pada saat tertentu Windows tidak akan boot, maka Anda sekarang harus menekan shift + F8 selama proses booting untuk mengakses opsi recovery.

Akses ke troubleshoot  menu, lalu opsi Advanced  dan Anda akan dapat mencoba “Automatic Repair tool“ yang dapat mengatasi masalah Anda. Jika tidak beruntung, dengan menu yang sama memungkinkan Anda untuk menggunakan titik System Restore terakhir, pengaturan tweak key Windows Startup, dan bahkan Anda dapat memilih command prompt apabila Anda ingin memecahkan masalah sistem anda secara manual.

Jika itu semua tampak seperti terlalu banyak kerumitan maka salah satu opsi pada menu Troubleshoot seperti 'Refresh your PC' mungkin lebih baik, karena pada dasarnya hal ini seperti menginstal ulang Windows 8 tapi tetap menyimpan file Anda, dan hal ini akan memperbaiki banyak masalah.

Tapi jika masalah tidak terselesaikan maka selalu ada opsi “Reset Your  PC” yang merupakan pilihan yang lebih drastis, yang akan menghapus semua file dan menginstal salinan baru dari Windows 8.

Tentu saja Anda tidak perlu selalu mengakses fitur ini dari menu boot. Jika Windows 8 bekerja tetapi tampaknya sangat tidak stabil, Anda dapat membuka recovery applet di Control Panel untuk memudahkan akses ke Refresh, Reset dan fitur recovery lainnya.

-->

Related Posts

1 comment

computergk.com said…
Learn Troubleshooting-Computer Troubleshooters Service Review takes a glance deeper into trade that revolves around technology. This franchise claims to be superheroes that ar computer troubleshooters for little business. Their focus claims that every one their technicians ar IT knowledgeable and that they care concerning your business. during this caring they learn what your business is concerning so that they will create correct technical recommendations that save time and cash.