6 Tips Untuk Meminimalisasi Radiasi Ponsel


radiasi ponsel

6 Tips Untuk Meminimalisasi Radiasi Ponsel (mobileweb-tips) - Para ilmuwan di Organisasi Kesehatan Dunia mengemukakan bahwa bahaya penggunaan ponsel seperti halnya "bahaya karsinogenik" yang memiliki kategori seperti timbal, mesin knalpot dan kloroform.
Belum ada cukup studi jangka panjang untuk membuat kesimpulan yang jelas jika radiasi dari ponsel cukup aman bagi manusia, tapi ada cukup data yang merujuk pada WHO dimana mereka telah meng-upgrade kategori tersebut pada Mei 2011.
Ponsel menggunakan radiasi non-ionisasi, yang tidak merusak DNA dengan cara non radiasi pengion. Radiasi ponsel beroperasi lebih seperti microwave dengan daya yang sangat rendah, tapi tidak ada yang benar-benar menyukai untuk berpikir menyentuhkan wajah mereka pada microwave bertenaga rendah tersebut.
Jika WHO telah mengatakan bahwa penggunaan ponsel sebagai "bisa menyebabkan karsinogenik bagi manusia" telah membuat anda khawatir, berikut ini adalah beberapa tips dasar cepat untuk membatasi eksposur Anda.


1. Gunakan headset berkabel

Bukan kebetulan bahwa kebanyakan ponsel datang dengan sepotong telinga kabel.
Headset berkabel secara otomatis akan mengurangi paparan radiasi Anda karena ponsel ini dari badan. Setiap inci Anda bisa lolos dari tubuh mengurangi jumlah radiasi yang Anda menyerap.
Headset kabel masih mengirimkan radiasi melalui kawat - tapi itu adalah tingkat yang sangat rendah. Jika itu adalah kekhawatiran, Anda dapat membeli manik ferit untuk hanya beberapa dolar di toko-toko elektronik yang paling. Itu menempel ke kawat dan menyerap radiasi setiap bepergian melalui kawat, mengurangi berapa banyak memasuki tubuh Anda.
Dan itu tidak terlalu nyaman. CNN kepala koresponden medis Dr Sanjay Gupta mengatakan ia menggunakan lubang suara karena lehernya tidak sesakit setelah pada panggilan telepon yang panjang. Gupta: Ponsel, tumor otak dan earpiece kabel


2. Gunakan speakerphone

Ini bisa cukup menjengkelkan, jika Anda berada di tempat umum. Tetapi para ahli mengatakan bahwa menggunakan fungsi speakerphone sangat membantu karena Anda menjaga ponsel jauh dari otak Anda. Setiap inci Anda bisa mendapatkan ponsel jauh dari tubuh Anda mengurangi radiasi. Misalnya, mengulurkan ponsel oleh dua inci turun radiasi dengan faktor empat, Magda Havas, seorang profesor dengan Institut Ilmu Kesehatan di Trent University di Ontario, Kanada, mengatakan kepada CNN.
Tapi cobalah untuk tidak berbagi percakapan Anda dengan seluruh dunia. Cukup ucapkan terima kasih.


3. Jangan memakai Bluetooth sepanjang waktu

Bluetooth earphone nirkabel akan mengekspos Anda ke beberapa radiasi. Namun, itu akan menjadi jauh lebih sedikit daripada radiasi ponsel.
Masalahnya adalah bahwa kebanyakan orang memakai Bluetooth mereka sepanjang waktu. Dan ini tidak terlihat baik pada siapa pun.
Jika Anda menggunakan perangkat Bluetooth, beralih dari telinga ke telinga sehingga Anda tidak memiliki terlalu banyak eksposur pada satu sisi. Ambil saja keluar dari telinga Anda ketika Anda tidak di telepon.


4. Menghindari radiasi hot spot

Ponsel tidak selalu memancarkan tingkat radiasi yang selalu sama. Misalnya, sebuah ponsel akan memancarkan radiasi yang paling kuat saat melakukan koneksi ke menara seluler atau BTS.
Tapi telepon bergerak (seperti jika Anda berbicara saat mengemudi) akan terus terhubung ke menara yang masuk dan keluar dari jangkauan - dan ini otomatis mendongkrak daya maksimum sebagai telepon berulang kali mencoba untuk menyambung ke antena baru. Sebuah sinyal lemah juga akan menyebabkan ponsel Anda untuk bekerja lebih keras, memberikan off lebih banyak radiasi. Jadi usahakan untuk tidak menggunakan ponsel di lift, di dalam bangunan yang sempit dan daerah pedesaan. Hindarilah hal tersebut. Penelitian menunjukkan perangkat memancarkan radiasi lebih ketika transmisi daripada ketika menerima.


5. Membaca manual book sebelum menggunakan ponsel

Sebagian besar dari kita mengabaikan manual yang disertakan dengan gadget atau ponsel kita. Tapi kebanyakan manual keamanan ponsel memberitahu konsumen untuk tidak menyimpan ponsel di samping kepala mereka, atau bahkan bisa saja di saku Anda. Untuk IPhone Apple 4 misalnya mengatakan 5/8 inci dari tubuh saat transmisi. Dan BlackBerry Bold mengatakan untuk tetap kurangnya 0,98 inci dari tubuh Anda bila perangkat BlackBerry digunakan.
Jika Anda tetap di samping tubuh Anda, produsen tidak dapat menjamin bahwa jumlah radiasi Anda akan menyerap tingkat yang aman.


6. Lebih baik perbanyak berkirim teks daripada suara

Jika Anda tidak ingin memegang telepon di samping wajah Anda sepanjang waktu, maka anda bisa mengirim pesan teks atau menggunakan email atau layanan pesan apabila Anda memiliki smartphone, maka dengan cara ini Anda dapat menghindari menempatkan telepon ke kepala Anda sama sekali.

Sumber : CNN


Newer Oldest

Related Posts

Post a Comment