Tips Menentukan Pilihan Membeli Laptop Baru


Tips menentukan serta membeli laptop atau notebook baru spesial buat anda, apabila sekarang ini anda tetap awam perihal laptop atau notebook tapi sangat menginginkan untuk membelinya barangkali sebaiknya anda memperhitungkan sebagian factor berikut : manfaat, fitur, harga, merk, design serta ergonomisnya merupakan sebagian factor yang butuh anda pertimbangkan. tentunya banyak factor lain yang perlu anda pertimbangkan sebelum anda benar-benar mengambil keputusan untuk membeli laptop, di bawah ini merupakan panduan yang mungkin anda harus cermati :

1. Manfaat

Processor merupakan otak dari sebuah sistem laptop untuk menjalankan program pada sistem komputasi. type processor sangat menentukan keunggulan serta sudah pasti factor besarnya memori yang ada menjadi salah satu kategori penting. Terlebih jika memakai os windows yang sangat banyak menggunakan resource memori. Ada baiknya tetapkan dulu akan dipergunakan sebagai apa laptop anda kedepannya. berikut jenis-jenis laptop menurut manfaatnya :

Ultra portable cocok untuk anda yang pekerjaannya sangat mobile, laptop type ini umumnya berukuran kecil serta bisa dibilang cukup tipis dengan berat yang cukup ringan, mempunyai layar optimal 12 inchi. Processor yang dipakainya pun  prosesor irit listrik supaya dapat dipakai sepanjang  waktu. semisal intel atom, intel ulv atau amd neo. Daya tahan batere untuk laptop type ini bisa dibilang cukup bagus, dapat bertahan lebih dari 7 jam beroperasi tanpa butuh colokan listrik. Sudah pasti performa atau kekuatan komputasi bukanlah sebuah fitur yang menjadi andalan laptop type ini. Harap diingat, laptop type ini umumnya tidak dilengkapi dengan optical drive. Dalam rentang harga yang cukup variatif dan beragam dimulai dari 3 jutaan ( intel atom ) sampai belasan juta ( intel core 2 duo ulv )

Portable untuk pemakaian normal sehari-hari. merupakan type laptop sangat pas untuk para user pada umumnya. Laptop type ini merupakan laptop yang mendominasi pasar sekarang ini. berukuran cukup sedang serta mempunyai layar pada ukuran 12 – 15 inch. Dimana rentang harga beragam sangat tergantung merk serta prosesor dan peripheral yang lain, kisaran lebih kurang 4 jutaan, memakai processor intel celeron hingga sampai yang termahal lebih kurang 10 jutaan yang memakai intel core 2 duo atau amd phenom. Daya tahan batere terhitung standar pada rentang 3-5 jam.

Desktop Replacement ditujukan untuk beberapa gamer, desainer grafis, maupun pekerjaan2 lain yang memerlukan kinerja di atas rata2. Laptop type ini umumnya berukuran besar, berat, serta mempunyai layar yang berukuran di atas 15 inchi. ciri khas laptop type ini yaitu ada kartu vga yang terpisah, tidak integrated dengan motherboard. Hal ini untuk mendukung kekuatan grafis yang memanglah diperlukan oleh laptop type ini. Prosesor yang dipakai juga merupakan processor kelas atas semisal intel core 2 duo atau yang lebih lagi intel core 2 quad, hal ini juga yang membuat harga-nya berada dalam kisaran yang cukup mahal. Dimana rentang harga laptop type ini dimulai dari 8 jutaan sampai beberapa puluh juta rupiah.

2. Merek

Penentuan merk merupakan sesuatu hal yang cukup penting untuk dicermati. Pada berbagai kasus netbook, harga merk lokal berkisar 2, 5 juta ( baterai 3 cell ) bandingkan dengan merk acer / samsung seharga 3 jutaan ( baterai 6 cell yang tahan samapi 6-8 jam ). merk yang telah populer layaknya toshiba, acer, sony, samsung, dell, hp serta yang lain umumnya memiliki kualitas perakitan yang sangat baik dibandingakan rakitan lokal. Disamping itu service center yang merata di seluruh indonesia, atau sekurang-kurangnya yang mempunyai service center paling dekat di kota anda. Hal ini penting buat anda yg tinggal di luar kota-kota besar layaknya jakarta atau surabaya, bila suatu waktu ada problem atau rusak pada laptop anda.

3. Operating System

Begitu banyaknya laptop yang dijual sekarang ini, umumnya memasukkan microsoft windows sebagai os bawaan. Tentunya hal ini sebenarnya sangat merugikan customer. Anda sebagai customer tidak mempunyai pilihan dan diharuskan memilih os tersebut. Biasanya laptop yang dibundling dengan os windows selisih harga dalam kisaran 300-500 ribu dibandingan tanpa os. Lagi pula jika laptop yang dibeli bundling dengan windows umumnya partisi hard disk hanya dibuat satu partisi saja. Jika data terkena virus maka akan menjadi ribet urusannya.

Tips tambahan untuk anda yang betul-betul awam atau tidak ngeh atau tidak ngerti sekalipun perihal laptop atau notebook :

Sebelum saat beli laptop maupun product elektronik yang murah, sebaiknya melacak dahulu harga pasaran product tersebut sekarang ini. Silakan melacak info dengan searching di internet. Umumnya harga di kota anda tak akan beda jauh dengan harga di internet, sangat memungkinkan lebih murah harganya.

Ajaklah rekan anda yang betul-betul tahu perihal laptop. Hal ini sudah pasti untuk menolong anda saat memilih serta membeli laptop yang bagus yang sesuai dengan hasrat serta dana anda, tidak asikkan bila harga laptopnya murah tetapi barangnya serta mutunya buruk ? bagus barangnya serta berkwalitas tetapi murah itu yang kita inginkan.

Untuk melacak laptop yang lebih murah umumnya waktu ada pameran komputer/laptop, harga di pameran komputer umumnya lebih murah. Meskipun demikian hal ini tidak menjadi patokan bila di harga pameran lebih murah sesuai harga yang anda kehendaki. tetapi hal ini bisa di jadikan patokan dan jadi referensi anda berapakah kisaran harga product laptop yang anda kehendaki. Toko mana yang harga nya lebih murah serta sesuai dana anda.

Tips paling akhir  cobalah  untuk menawar/dinego harga nya dan tanyakan dengan detil perihal garansi dari product laptop yang dapat anda beli dan ada tidaknya service purna jual di kota anda untuk merk laptop yang anda beli, hal ini untuk meringankan anda apabila suatu waktu laptop atau notebook anda mengalami problem.

Hal diatas adalah sebagian tips untuk menentukan serta membeli laptop atau notebook baru dari saya. semoga bisa sedikit menolong anda, serta silakan teliti harga laptop atau notebook baru di pasaran sekarang ini.

Related Posts

Post a Comment