Apa itu Jailbreak? Apakah Keuntungan dan Kerugiannya

Apa itu Jailbreak? Apakah Keuntungan dan Kerugiannya

Tutortips - Bagi sebagian pengguna System IOS dengan perangkat Iphone, mungkin pernah bertanya apa itu jailbreak? Ketatnya system keamanan yang dilakukan oleh Apple membuat beberapa penggunanya merasa terbatas untuk melakukan beberapa aktivitas.

Sebenarnya tujuan Apple melakukan pembatasan ini tidak lain untuk melindungi dan menjaga keamanan para pengguna perangkat berbasis IOS ini. Namun sebagian orang merasa perlu melakukan jailbreak untuk mendapatkan keleluasaan lebih, Tapi sebelum anda melakukan Jailbreak sebaiknya kenali dulu apa itu Jailbreak?

apa itu jailbreak
Apa itu Jailbreak


Apa Itu Jailbreak?

Konsepnya sepertinya hampir sama dengan Root jika ada menggunakan android, Jailbreak merupakan sebuah metode yang dilakukan agar pengguna memiliki kebebasan lebih pada perangkat IOS nya.

Dengan melakukan jailbreak para pengguna IOS menjadi bisa menggunakan beberapa fitur yang sebelumnya tidak bisa digunakan dan juga bisa menggunakan aplikasi yang tidak tersedia pada Aps Store.

Perbedaan Root dengan Jailbreak

Lalu apakah perbedaan antara root dengan jailbreak? Root biasa digunakan oleh para pengguna Android, sedangkan jailbreak khusus pengguna Apple. Perbedaan lainnya adalah walaupun perangkat Apple anda sudah dilakukan jailbreak namun tetap ada keterbatasan dalam penggunaanya, lain halnya jika root pada Androi si pengguna akan memiliki kebebasan penuh untuk modifikasi dan memaksimalkan perangkat Androidnya.

Ada 2 Jenis Jailbreak pada IOS

Secara umum yang biasanya dilakukan oleh para pengguna IOS untuk proses jailbreak ini ada 2 :

  • Jailbreak tethered : Yaitu proses jailbreak yang pada saat memprosesnya membutuhkan bantuan perangkat kompoter baik PC atau Laptop
  • Jailbreak Untethered : Yaitu proses jailbreak yang dilakukan langsung dari perangkatnya tanpa bantuan kompueter sama sekali.

Manfaat Melakukan Jailbreak di IOS

Pengguna bisa menginstall beberapa aplikasi yang sebelumnya tidak bisa digunakan karena dibatasi oleh IOS, dengan melakukan Jailbrek si pengguna akan lebih leluasa dan memaksimalkan perangkat Applenya.

Yang paling sederhana si pengguna bisa mengganti tema pada perangkat Iphone atau Ipadnya.

Melakukan Tweak, Buat yang belum tau, tweak adalah suatu istilah atau proses yang digunakan untuk memaksimalkan system dengan melakukan modifikasi di dalamnya.

Resiko atau Kerugian Jailbreak

Sebelum melakukan jailbreak sebaiknya anda pertimbangkan beberapa factor penting, diantaranya adalah :

  • Garansi Hilang
    Sudah dapat dipastikan jika perangkat baru anda baik Iphone atau Ipad dilakukan jailbreak maka anda tidak akan bisa klaim garansi ke Apple jika terjadi kerusakaan, hal ini di anggap menyalahi aturan yang sudah di tetapkan.
  • Kerusakan Perangkat
    Terkadang proses jailbreak tidak selalu berjalan lancar, karena jailbreak ini adalah proses modifikasi pada system maka bisa saja terjadi kegagalan didalamnya yang menyebabkan IOS menjadi error dan perangkat tidak bisa digunakan lagi.
  • Keamanan
    Setelah anda berhasil melakukan jailbreak, imbasnya adalah keamanan pada perangkat anda akan berkurang karena melemahkan system keamanan yang di buat oleh Apple. Resiko lemahnya keamanan perangkat anda menyebabkan kemungkinan  pencurian data, dokumen dan lain sebagainya.
  • Sistem Update
    Ada kemungkinan anda tidak akan mendapatkan update software IOS jika sudah melakukan proses jailbreak.

Cara Melakukan Jailbreak

  1. Menggunakan software dengan bantuan perangkat computer, contohnya menggunakan UnC0ver dan Checkra1n, Perangkat Iphone yang bisa dilakukan dengan cara ini adalah Iphone 5S sampai Iphone X yang menjalankan IOS 12 sampai IOS 13.
  2. Menggunakan jasa jailbreak, Jika anda belum pernah melakukan jailbreak sendiri lebih baik anda menggunakan jasa jailbreak yang biasa anda temukan di situs jual beli atau forum-forum.

Demikianlah artikel tentang apa itu jailbreak? Sebelum anda melakukan jailbreak sebaiknya pertimbangkan dahulu keuntungan dan kerugiannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk pembaca.


Related Posts

Post a Comment