Berbagai Alasan BlackBerry Melepas BBM ke iOS dan Android


BBM
Berbagai Alasan BlackBerry Melepas BBM ke iOS dan Android -Berita menghebohkan di industry mobile phone belakangan ini mengenai Black beery yang mengijinkan BBM untuk digunakan pada platform iOS dan Android. Meskipun BlackBerry jauh dari kejayaannya sebagai smart phone yang paling populer di dunia saat ini - Windows Phone baru saja mendorong BlackBerry ke tempat di pasar smartphone global – BBM tetap populer di pelanggan BlackBerry  yang setia. Aplikasi ini memiliki sekitar 61 juta pengguna aktif per bulan, dengan 51 juta di antaranya menggunakan aplikasi sehari selama rata-rata 90 menit.

"Ini adalah waktu yang tepat untuk BBM  menjadi layanan bersifat multi-platform. BBM selalu menjadi satu layanan paling menarik bagi pelanggan BlackBerry, hal ini memungkinkan mereka untuk dengan mudah terhubung dengan tetap mempertahankan tingkat dihargai privasi pribadi. Kami sangat gembira dapat menawarkannya kepada pelanggan melalui platform iOS dan Android dan membuka kemungkinan untuk bergabung dengan dengan pengguna BBM, "seperti yang dikatakanWakil presiden BlackBerry software Andrew Bocking di konferensi.

Jelas, menggelar BBM di iOS dan Android akan memungkinkan BlackBerry untuk mencapai basis pelanggan potensial yang jauh lebih besar. Ini juga sebuah langkah yang akan memungkinkan BlackBerry untuk bersaing di arena jasa, yang tampak seperti daerah berikutnya dari pertumbuhan perusahaan mobile.
Tapi saat ini BBM menjadi cross-platform, dan BBM akan menghadapi persaingan yang sangat ketat – bersaing dengan Facebook Messenger dan Skype yang memiliki basis pengguna masing masing 1,11 miliar dan 280 juta, sementara WhatsApp dan WeChat juga memiliki sekitar 200 juta dan 190 juta pengguna. Fakta ini menjadi bukti bahwa persaingan di real-time messaging saat ini sudah cukup ketat.
Langkah ini juga bisa menjadi pedang bermata dua bagi BlackBerry. BBM hingga saat ini selalu menjadi “Permata” bagi BlackBerry, dan dengan melepas BBM menjadi cross-platform, BlackBerry tidak hanya kehilangan identitas yang unik, hal itu juga bisa berpotensi untuk menjauhkan pelanggan setia yang selama ini “terjebak” di BlackBerry karena BBM-nya.

"Langkah baru BlackBerry adalah seperti baju baru sang Kaisar, dalam kenyataannya tidak ada yang baru didalamnya. BBM saat ini tidak bisa menjadi game changer, mengingat seberapa baik aplikasi lain seperti Whatsapp, dkk melakukan Sebaliknya, dengan memberikan BBM untuk ponsel lain, Blackberry akan kehilangan USP. Sekarang, orang tidak perlu membeli telepon BB untuk bisa chatting dengan orang-orang pada platform yang sama. Itu bisa menjadi hal yang membuat mereka mungkin menyesal dimasa depan. Sama halnya seperti yang terjadi pada playbook mereka, "kata Shashwat DC, pengamat industri mobile dan mantan editor DataQuest dan IT Next Magazine kepada Light Reading India.

Richard Windsor, pendiri blog mobile-focused dan mantan analis teknologi Nomura, memberikan statement serupa.

"Alasan utama untuk membeli perangkat BlackBerry kini telah hilang, yang berarti bahwa pengalaman pengguna dan spesifikasi perangkat keras sekarang harus unggul dimata pengguna itu sendiri. Ini merupakan langkah yang sangat berisiko, sekarang pengguna dapat meninggalkan platform dan masih mampu mengakses BBM, "tulis Windsor di blognya.
Tentusaja tidak semua orang beranggapan negative pada langkah yang diambil BlackBerry. Forbes kontributor Larry Magid percaya bahwa membuat BBM cross-platform membantu meningkatkan brand equity dari Blackberry.

"Satu hal itu tidak lakukan adalah membuat BlackBerry lebih relevan. Orang-orang berbicara tentang hal itu dan berpikir tentang hal itu dan pengguna BlackBerry kini dapat menggunakan BBM untuk menjangkau teman-teman mereka yang pengguna Android dan iOS," tulis Magid, menambahkan bahwa "itu bisa juga berfungsi sebagai insentif bagi mereka untuk tinggal dengan BlackBerry karena produk BBM mereka hanya mendapatkan jauh lebih berguna. "

Kepada Seeking Alpha, Kurt Windibank juga bullish pada prospek BBM  dengan alasan bahwa keunggulan aplikasi tersebut (BBM memiliki fitur yang mudah dan memungkinkan merek dan bisnis untuk terlibat dengan pengguna) akan memungkinkan BlackBerry untuk menguangkannya secara efektif.
"Implikasi untuk membuat BBM menjadi aplikasi cross-platform sangat besar. Kesempatan untuk menguangkan akan muncul karena mereka miliki seperti halnya pada aplikasi media sosial lainnya. Kunci untuk BlackBerry adalah untuk tumbuh di customer base, dan dengan menawarkan secara gratis kepada iOS dan pengguna Android, mereka akan melakukan hal itu. Ini adalah langkah yang cerdas pada bagian dari BlackBerry dan cocok dengan baik dengan Thorsten Heins 'tujuan yang dinyatakan menempatkan BB10 mana-mana, "tulis Windibank.

Dibalik semua itu, faktanya Saham BlackBerry telah jatuh lebih dari 5% sejak konferensi yang menjelaskan melepas BBM ke iOS dan Android. Bagaimana kelanjutan BlackBerry di jagad mobile phone, hanya waktu yang dapat menjawabnya.





-->

Related Posts

Post a Comment