Lebih dekat dengan teknologi 4G di Indonesia

Perkembangan teknologi telekomunikasi sangatlah pesat, diawali dengan kehadiran teknologi 1g dimana orang hanya bisa berkomunikasi dengan menggunakan system analog yakni dengan menggunakan PSTN ( public switch telephone network ), dan amps ( pada wireless).

 Kemudian dengan teknologi 2G dimana menggunakan system seluler, dan digitall telephony di perkenalkan, yang dapat memunkinkan orang  berkomunikasi dengan mobile tanpa terputus. Ada 2 teknologi yang bertahan sampai saat ini yakni cdma dan gsm.
Lalu teknologi 2,5G yang dapat memunkinkan orang secara mobile mengakses internet dengan kecepatan yang lumayan, mulai diperkenalkan teknologi gprs ( pada gsm ) dan pdsn ( pada cdma ).


Kemudian berkembang ke teknologi 3G+ yang dikenal dengan nama hspa ( pada gsm) dan ev-do / ev-dv ( pada cdma) yang memungkinkan orang mengakses internet dengan kecepatan tinggi.
Kemudian berkembanga lagi ke teknologi 4G dimana infrastrukturnya berubah total, jika pada teknologi 2G s/d 3G masih menggunakan BSC sebagai controller BTS, namun pada teknologi 4G, BTS dan BSC digabung menjadi 1 (NODE b), karena dari user bisa langsung ke NODE b ( RNC ) kemudian ke SGSN / PDSN lalu ke Router. Pada teknologi ini mulai diperkenalkan SIP pada seluler, SIP yaitu protokol inti didalam internet telephony[1] yang disebut evolusi terkini dari Voice Over Internet Protocol ( Voip) ataupun Telephony Over Internet Protocol.  

Teknologi tersebut banyak di perdebatkan oleh operator, pemerintah serta DPR belakangan ini. Tidak lama lagi Internet telephony dapat jadi tulang punggung utama infrastruktur telekomunikasi. Teknologi internet telephony sangat mungkin pembangun infrastruktur telekomunikasi rakyat dengan swadaya masyarakat ( tanpa Bank Dunia, IMF ataupun ADB ) apalagi barangkali tanpa kontrol pemerintah sekalipun. Dengan teknologi SIP didalam 4G, nomer telephone PSTN hanya sebagian kecil dari identifikasi telephone. Sisi besarnya dapat dikerjakan memakai URL. Kita tak akan butuh bergantung pada nomer telephone yang dikendalikan oleh pemerintah untuk berkomunikasi via internet-telepon. Infrastruktr internet telephony sangat mungkin kita untuk menyelenggarakan sendiri banyak hal tanpa bergantung lisensi pemerintah serta tidak melanggar hukum. Teknologi 4G akan mengakibatkan kemunduran untuk teknologi internet network ( IN ) yang sekarang ini merupakan infrastruktur telekomunikasi yang dipakai beragam provider. Perihal tersebut dikarenakan terbukanya jalur arus bawah yang bisa didownload serta dibuka gratis dari internet.


 source : wikipedia

Related Posts

Post a Comment