5 Penyebab HP Samsung Hang, Nomor 2 Sering Terjadi

5 Penyebab HP Samsung Hang, Nomor 2 Sering Terjadi

Tutor Tips - Anda pemilik smartphone Samsung dan mengalami masalah dengan hp anda yang sering hang? Setidaknya ada 5 penyebab hp Samsung hang yang mungkin dari daftar yang akan kita bahas nanti, anda sering mengalami nya.

5 Penyebab HP Samsung Hang

Hampir semua orang tahu mengenai corporate penghasil handphone yang satu ini. Siapa yang tidak kenal dengan Samsung, yang beberapa waktu lalu saham nya melejit akibat cuitan milyader teknologi Elon Musk di twitter.

Samsung merupakan salah satu manufaktur ponsel yang memiliki peringkat tinggi dan teratas, serta sudah cukup lama bergelut dalam bisnis smartphone berbasis OS android ini.

Sampai saat ini sering kita mendengar dari orang-orang bahwa kebanyakan smartphone Samsung hang. Smartphone yang satu ini menghasilkan performa pas-pasan meskipun memiliki spesifikasi yang bagus di atas kertas. Apakah memang demikian ?

Berbeda dengan Apple misalnya, yang bisa membuktikan spesifikasi yang dimilikinya memungkinan kinerja terbaik dari smatphone yang satu ini, terlihat bagaimana integrasi perangkat keras dengan perangkat lunak IOS. 

Menurut kami, ponsel harus cukup efisien sehingga dapat membantu melakukan lebih banyak hal dengan waktu yang lebih sedikit. Jadi apa saja penyebab hp Samsung hang ?

5 Alasan Penyebab HP Samsung Hang!

1. TouchWiz, UI asli Samsung Bisa Menyebabkan HP Samsung Hang

Untuk HP Samsung lama terutama saat memperkenalkan jajaran Galaxy mereka, Smartphone telah hadir dengan custom user interface berbasis android yang disebut dengan nama “TouchWiz” yang dirancang sendiri oleh Samsung. 

TouchWiz menambahkan beban ke RAM yang menyebabkan multitasking lambat dan hang. Semoga team development TouchWiz Samsung mampu meningkatkan kinerja UI mereka, hingga makin ringan dan tidak menjadi penyebab hp samung hang.

Banyaknya kebutuhan untuk menyempurnakan Touchwiz hingga hal ini dapat mengurangi beban pada fungsi smartphone.

Jadi antarmuka asli Samsung inilah yang menjadi salah satu alasan penyebab hp Samsung hang.

Namun untuk smartphone Samsung yang lebih baru, mereka sudah menigkatkan kemampuan antarmuka smarphone nya dengan meluncurkan OneUI yang diklaim jauh lebih sempurna daripasa TouchWiz.

So, bagi anda yang ingin memiliki smartphone Samsung, pastikan hp anda sudah menggunakan antarmuka OneUI. Lalu bagaimana cara megetahui hp anda sudah menggunakan OneUI? Anda bisa coba mencari tahu di google, atau anda bisa mencoba mencari di blog tutortips ini.

2. Kurangnya pembaruan perangkat lunak di Samsung

Masalah utama Samsung yang menyebabkan Smartphone hang adalah kurangnya menyediakan pembaruan perangkat lunak yang stabil.

Untuk model handphone Samsung generasi lama hampir tidak pernah mendapatkan pembaruan OTA. Ini jadi salah satu penyebab smartphone Samsung hang dan membuat perangkat menjadi lebih lambat.

3. Penggunaan perangkat keras lama di smartphone terbaru

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak menyadari hal ini, tetapi Samsung Galaxy J2 ditenagai oleh prosesor Spreadtrum SC9830 32-bit dan GPU Mali 400 MP.

Sekarang Anda pasti berpikir apa yang unik dalam hal ini? Oke jadi biar kami jelaskan. Prosesor Spreadtrum 32-bit hadir dengan Cores 4 Cortex A7 yang telah dihentikan oleh produsen ponsel selama beberapa tahun terakhir. Bahkan chip kelas bawah hadir dengan Cortex A53 Cores.

Belum lagi jika kita bicara tentang GPU Mali 400 yang hadir dengan Galaxy S2. Jadi cukup buruk jika Samsung menggunakan perangkat keras lama yang akan mempengaruhi kinerja ponsel. Hal ini akan menyebabkan hp Samsung cenderung mudah hang.

Maka dari itu, konsumen pun harus mewaspadai hal-hal tersebut. Jadi sebelum Anda memilih smartphone, coba lakukan sedikit riset tentang spesifikasinya dan pilihlah smartphone Anda dengan bijak.

4. Bloatware menyebabkan smartphone Samsung hang

Samsung umumnya menaruh banyak bloatware di ponsel mereka karena ada banyak beban ekstra pada RAM dan baterai. Pengguna juga tidak mendapatkan opsi untuk menghapus aplikasi ini secara permanen.

Bloatware itu seperti Flipboard, kumpulan aplikasi utilitas mereka sendiri (Mail, Kalender, dll). Sering kali, ketika Anda menggunakan ROM khusus untuk perangkat Samsung Anda, maka hal itu akan menyebabkan beberapa bloatware terhapus.

5. Fitur-Fitur yang Mempengaruhi Performa Smartphone Samsung

Samsung telah menyediakan fitur seperti S bike mode, Reading mode, Air gestures. Fitur-fitur ini tidak terlalu diperlukan karena tidak ada yang benar-benar menggunakannya sesering itu. Fitur di smarphone Samsung Ini pada akhirnya hanya akan menjadi beban pada smartphone dan karena nya bisa menyebabkan hp Samsung hang.

Demikian lah 5 penyebab hp Samsung hang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Atau mungkin anda memiliki alasan lain yang bisa menjadi penyebab hp samsung hang, silahkan untuk berbagi dengan pembaca tutor tips di kolom komentar.



Orang lain juga mencari :
  • Penyebab hp Samsung mati total
  • Penyebab hp Samsung mati sendiri
  • Penyebab hp Samsung panas
  • Penyebab hp Samsung bootloop
  • Penyebab hp Samsung lemot
  • Penyebab hp Samsung restart sendiri
  • Penyebab hp Samsung cepat panas

Related Posts

Post a Comment