Begini Cara Menghubungkan Wireless Mouse ke HP Android, Mudah Sekali

Begini Cara Menghubungkan Wireless Mouse ke HP Android, Mudah Sekali

Hari gini masih bingung cara menghubungkan mouse ke hp? Tahukah anda jika ternyata Sistem Operasi Android mendukung mouse PC, gamepad, dan keyboard. Banyak perangkat Android yang tersedia di pasaran dapat dihubungkan ke periferal PC dengan bantuan kabel USB OTG

begini cara menghubungkan mouse ke hp dengan kabel OTG
mouse ke hp dengan kabel OTG


Sementara di perangkat Android lainnya, Anda dapat menghubungkan periferal seperti mouse secara nirkabel melalui Bluetooth.

Ini berarti bahwa Anda dapat menghubungkan Mouse PC Anda secara nirkabel dengan tablet Android atau ponsel Android dan menggunakan kursor mouse untuk menavigasi layar. Yang penting anda tahu cara menghubungkan mouse ke hp. 

Semua fungsi mouse yang dapat digunakan di komputer pribadi dapat diterapkan di perangkat Android, tanpa batasan apa pun.

Lalu, Bagaimana Caranya Menghubungkan Mouse ke HP ?

Tablet Android dan smartphone Android tidak memiliki port USB ukuran penuh. Untuk menghubungkan port USB ukuran penuh, Anda perlu menggunakan bantuan alat yang dinamakan kabel OTG (kabel on-the-go)

Kabel OTG ini akan bertindak sebagai adaptor penghubung yang memungkinkan Anda menghubungkan port micro USB dengan periferal USB ukuran penuh.

Kabel OTG ini tersedia secara online di marketplace yang ada di aplikasimu dan juga dapat dibeli dari toko-toko lokal. Kabel OTG juga memungkinkan pengguna untuk memasang perangkat USB lain dengan Smartphone atau tablet Android mereka.

Meskipun, sebagian besar perangkat Android memungkinkan untuk menghubungkan kabel USB OTG, beberapa perangkat mungkin tidak dilengkapi dengan fungsi seperti itu. Jika tidak yakin apakah ponsel Android Anda kompatibel dengan kabel OTG, Anda dapat melakukan pencarian sederhana di google.

Para pengguna smartphone seperti anda pasti sudah tahu melakukan pencarian di mesin telusur google yang secara default sudah ada di smartphone kita.

Setelah Anda mengetahui bahwa ponsel Android yang anda miliki kompatibel dengan kabel USB OTG, Anda hanya perlu menghubungkannya dengan ponsel Android dan penerima USB mouse nirkabel di ujung yang lain. 

Anda tidak perlu lagi melakukan konfigurasi tambahan lainnya untuk mulai bekerja. Ya, hanya sesederhana itu, yang anda lakukan hanyalah plug and play.

Ketika kabel USB OTG bukan pilihan yang tepat untuk Anda sebagai upaya atau cara menghubungkan mouse ke hp, maka Anda dapat menghubungkan secara nirkabel ke mouse Anda dengan bantuan Bluetooth

Cara menghubungkan mouse ke hp secara nirkabel dengan Bluetooth memiliki manfaat tambahan karena tidak harus mengelola kabel yang berantakan.

Untuk mencapai koneksi Bluetooth bagi mouse nirkabel dengan ponsel Android Anda. Anda perlu membuka layar pengaturan Bluetooth Android Anda dan memasangkannya dengan mouse nirkabel Anda.

Anda tidak perlu melakukan tweak ekstra atau rooting untuk menggunakan mouse nirkabel dengan ponsel Android Anda. Saat menghubungkan mouse nirkabel dengan ponsel Android, Anda akan menemukan kursor mouse serupa muncul di layar ponsel Anda.

Kursor dapat digunakan untuk melakukan segala macam navigasi melalui antarmuka ponsel Android. Selain itu, mengklik dan mengakses semua fungsi serupa dengan cara yang Anda gunakan dengan fungsi sentuh Anda. 

Mouse akan bekerja benar-benar seperti cara kerjanya pada komputer pribadi atau laptop. Selain itu, untuk menggunakan mouse, Anda juga dapat menggunakan jari dari waktu ke waktu untuk mengakses fungsionalitas sentuh bersamaan dengan mouse.

Ponsel Android tidak hanya memungkinkan Anda untuk menghubungkan mouse nirkabel, tetapi juga banyak perangkat lain. Hampir semua periferal yang kita gunakan untuk mengoperasikan PC atau laptop dapat terhubung dengan ponsel Android. 

Ada aplikasi di Google Play Store yang memungkinkan Anda untuk membalikkan fungsionalitas dengan memungkinkan Anda menggunakan ponsel Android Anda sebagai pengontrol untuk PC atau laptop Anda.

Hebat bukan smartphone yang anda miliki. Ponsel Android ternyata memiliki banyak manfaat tambahan, namu manfaat tersebut baru bisa dirasakan jika Anda tahu cara meningkatkan produktivitasnya dengan bantuan alat sederhana yang tersedia di pasar dan atau aplikasi di playstore.

Jadi, demikian informasi mengenai Cara Menghubungkan Mouse ke HP Android. Mudah bukan? Tidak sesulit seperti yang anda bayangkan selama ini. 

Dapatkan terus informasi bermanfaat lainnya dari tutor tips. Kami akan terus menyajikan informasi seputar tutorial dan tips teknologi digital.


Orang lain juga mencari :

  • Aplikasi mouse untuk android
  • Cara menghubungkan mouse ke hp tanpa OTG
  • Cara menghubungkan mouse wireless ke HP
  • Cara sambung mouse ke HP
  • Cara sambung keyboard ke HP
  • Cara menggunakan keyboard dan mouse di HP
  • Mouse untuk tablet



Related Posts

Post a Comment