10 Tips Sederhana untuk Pengguna Baru Tablet Android


Sebelum saya memulai, saya harus menunjukkan bahwa informasi yang disajikan di sini berdasarkan pada tablet Acer A500 yang saya gunakan. Google memberikan keleluasaan bagi produsen untuk melakukan customisasi perangkat tablet mereka sampai ke tingkat yang lebih tinggi, beberapa mungkin berperilaku berbeda dari apa yang saya jelaskan di sini.

1. Anda dapat menggunakan tablet sebagai perangkat penyimpanan
Menghubungkan tablet Android ke PC melalui koneksi USB menyediakan akses langsung ke sistem file perangkat. Anda dapat dengan mudah menyalin gambar, musik, dan video ke DCIM, film, dan folder Music. Ada juga folder khusus untuk hal-hal seperti podcast dan nada dering.

2. Anda akan memerlukan akun Google
Ketika Anda menyiapkan tablet Android Anda untuk pertama kalinya, ia akan meminta Anda untuk memberikan akun Google. Jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda dapat menggunakannya. Jika tidak, Anda harus membuatnya.

3. Anda harus melewati layar kunci
Setelah setup awal dikonfigurasi, menyalakan tablet (setidaknya dalam kasus saya Acer A500) mengungkapkan kunci layar dengan ikon kunci. Untuk bisa melewati layar ini (dengan asumsi bahwa tablet ini tidak dilindungi password), tekan ikon kunci. Hal ini menyebabkan ikon yang berbeda untuk muncul, satu dengan lingkaran kecil di dalam lingkaran yang lebih besar. Lingkaran luar memiliki ikon kunci ditampilkan di dalamnya. Untuk membuka kunci perangkat, tarik lingkaran kecil ke tepi luar dari lingkaran yang lebih besar.

4. Anda dapat menggunakan USB flash drive
Tablet Android mendukung penggunaan USB flash drive (meskipun tablet saya tampaknya tidak mengenali 32GB flash drive). File media yang tersimpan pada flash drive secara otomatis diakui oleh aplikasi tablet. Misalnya, membuka Acer Media app dan klik pada pilihan video akan membawa Anda ke layar yang memberikan Anda pilihan antara bermain video yang disimpan dalam folder film tablet dan video yang disimpan pada flash drive.

5. OS mendukung berbagai jenis media
Beberapa perangkat tablet sangat membatasi jenis media, Anda dapat bermain melalui perangkat. Untungnya, sistem operasi Android mendukung banyak jenis media standar. Misalnya, Anda bisa bermain. WAV,. MP3, dan file audio bahkan MIDI. Format video yang didukung mencakup H.264 dan MPEG-4. Seperti yang Anda harapkan, Android juga mendukung JPEG, GIF, PNG, BMP dan gambar.

Apa semua ini berarti bahwa jika Anda memiliki non-DRM file media yang dilindungi dalam koleksi Anda, Anda kemungkinan besar akan dapat menyalinnya ke tablet Android Anda dan menikmatinya tanpa masalah.

6. Ada dua tempat utama untuk memperoleh aplikasi
Tak terhitung aplikasi yang tersedia untuk tablet Android, mulai dari gratis sampai $ 20 atau lebih. Dua sumber utama untuk memperoleh aplikasi Android adalah Android Market dan AppStore Amazon untuk Android.

7. Anda mungkin perlu memeriksa kompatibilitas aplikasi
Aplikasi Android tidak selalu kompatibel. Sejumlah versi dari sistem operasi Android telah dirilis. Jadi, ketika Anda bersiap-siap untuk men-download sebuah aplikasi, pastikan bahwa sistem operasi Anda didukung.

Jika Anda baru saja membeli sebuah tablet dengan sistem operasi Android terbaru, Anda tidak perlu khawatir terlalu banyak tentang kompatibilitas sistem operasi (setidaknya tidak sampai sistem operasi berikutnya dilepaskan). Namun, Anda perlu memeriksa salah satu faktor penting: Banyak aplikasi Android yang dirancang khusus untuk ponsel Android. Karena tablet memiliki resolusi layar yang berbeda dari ponsel, banyak aplikasi yang dirancang untuk ponsel tidak akan berjalan pada tablet.

Ketika Anda mengunjungi salah satu toko aplikasi, beberapa vendor mengatakan dimuka apakah sebuah aplikasi bekerja pada tablet. Tapi informasi penting ini tidak selalu tersedia, sehingga Anda mungkin perlu untuk menelusuri ulasan pengguna sampai Anda menemukan seseorang yang mengatakan apakah aplikasi bekerja pada tablet.

8. Orientasi layar mungkin perlu sedikit perhatian
Untuk sebagian besar, orientasi layar benar-benar intuitif. Jika Anda memutar perangkat, layar berputar, juga. Tapi kadang-kadang, saya telah menemukan bahwa layar gagal untuk memutar. Dalam beberapa kasus ekstrim, bahkan mungkin ditampilkan terbalik.

Jika layar tidak berputar dengan benar, cobalah untuk menahan perangkat dalam posisi benar-benar vertikal. Ini akan sering memperbaikinya. Jika itu tidak bekerja, masalahnya adalah kemungkinan besar aplikasi yang Anda gunakan. Beberapa aplikasi tidak mendukung rotasi layar sama sekali, yang lain mendukung mereka hanya dalam arah tertentu. Misalnya, pagi ini saya menggunakan sebuah aplikasi yang hanya akan menampilkan terbalik. Aku harus memutar perangkat 180 derajat penuh untuk menggunakannya.

9. Ada lebih dari satu desktop pada layar
Desktop Android membentang melampaui batas-batas layar fisik. Anda dapat menggeser layar ke kanan atau kiri layar untuk mengakses halaman-halaman tambahan yang disebut sebagai panel layar awal.

Ada juga tiga ikon di sudut kiri bawah yang perlu Anda ketahui tentang. Ikon di sebelah kiri (salah satu yang terlihat seperti panah kiri) bertindak sebagai tombol kembali. Ikon tengah (salah satu yang terlihat seperti sebuah panah atas) akan membawa Anda ke desktop Anda. Ikon di sebelah kanan menampilkan beberapa aplikasi terakhir yang Anda gunakan. Anda dapat menggunakan interface ini sebagai cara pintas untuk kembali ke sesuatu yang Anda kerjakan sebelumnya.

10. Anda dapat menghapus Icon desktop dengan menyeretnya ke tempat sampah
Android memberi Anda banyak kebebasan untuk menyesuaikan desktop, dan Anda mungkin ingin menambahkan atau menghapus beberapa ikon desktop. Anda dapat memindahkan ikon di sekitar dengan menekan dan menahan itu. Untuk menghapus ikon, tekan dan tahan dan kemudian tarik ke ikon tempat sampah. Pada beberapa perangkat Android, ikon tengah di bagian kiri bawah layar berubah ke tong sampah ketika Anda menyeret ikon. Pada perangkat lain, sampah bisa ikon akan muncul di tengah bar hitam di bagian bawah layar. Pada perangkat saya, sampah bisa ikon muncul di sudut kanan atas layar di tempat ikon Apps.

Related Posts

1 comment

The Geeks said…
saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)